Berita DesaDaerahKab.BuolSultengTopik Utama

Wahyudin : Padi Ladang Lunguto Komoditi Andalan dan Ikon Palbar

BUOL, suarautara.com – kegiatan panen raya komoditi padi ladang di desa Lunguto, kecamatan Paleleh Barat, Minggu 14 Maret 2021 beberapa waktu lalu, menaruh perhatian besar untuk ketahanan pangan di kabupaten Buol lebih khusus di wilayah Paleleh Barat.

Kegiatan panen raya padi ladang ini dihadiri langsung oleh Bupati Buol, dr. Amirudin Rauf bersama jajaran pemerintahan daerah yang turut hadir mulai dari Asisten, pimpinan OPD, Ketua DPRD Buol, Direktur Perusda, Camat Paleleh Barat, dan Kades di wilayah Palbar.

Jika ditelisik lebih jauh, kebutuhan Padi Ladang adalah salah satu komoditi pertanian yang sudah turun temurun di lakukan oleh masyarakat Paleleh Barat. Saking lamanya, banyak tradisi dan kearifan lokal yang membarengi proses cocok tanam padi ladang ini.

β€œAda empat jenis Padi Ladang yang di tanam petani, yakni Pare Sina, Pare Buyungan, Pare Maraya, dan Pare Pondang” Ujar Camat Palbar Wahyudin Hi. Kadir, SE saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (26/05/2021).

β€œTotal luas lahan yang di tanami Padi Ladang ini berkisar 345 hektar tersebar di semua Desa di Kec. Palbar, Di kerjakan oleh 212 Kepala Keluarga (KK), yang menanam secara bersamaan, dan taksiran produksi berkisar hampir 1000 Ton” Lanjut Wahyudin.

Salah satu kearifan lokal yang ada di wilayah ini adalah menerapkan pola bertani alami (organik) tanpa menggunakan pupuk kimia.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa padi ladang ini menjadi produk unggulan dan ikon kecamatan Paleleh Barat.

Gerakan Sektor Ekonomi Lain-Selain, membahas soal Padi Ladang, Bupati juga memberikan bantuan pada sektor Pariwisata dimana Palbar memiliki bentuk alam yang indah, gunung yang langsung berhadapan dengan laut, dan di apit oleh dua Pulau, yakni Pulau Raja dan Pulau Boki.(arp/***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button