Ekonomi & Bisnis

Kreatif! Pemuda Disabilitas Asal Paleleh Ini Tuangkan Ide Kerajinan Lewat Batok Kelapa

SUARAUTARA, Buol – Keterbatasan ternyata bukan menjadi halangan untuk berkreasi. Nilai itu tampaknya diyakini betul oleh Rahul Paungan (21), Pemuda penyandang Disabilitas dari Desa Paleleh, Kecamatan Paleleh, Kabupaten Buol Sulawesi Tengah (Sulteng).

Pria yang akrab disapa Rahul ini, adalah seorang pemuda desa yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Ia menjadi motor penggerak dan motivator bagi penyandang disabilitas lain yang ada di kampungnya, namun hingga saat ini belum mendapat tersentuh bantuan dari pemerintah maupun pihak swasta dalam mengembangkan usaha kerajinan tangannya dengan mengandalkan bahan batok kelapa yang diolah menjadi pernak-pernik kebutuhan rumah tangga seperti tempat sendok, asbak, garukan, gelang, cincin dan jenis produk kerajinan lainnya.

Rahul kepada suarautara.com sedikit menceritakan dimana ia berinisiatif memberdayakan bahan batok kelapa lantaran untuk mengisi kekosongan sehari-hari dan merasa dirinya ada kekurangan namun Ia ingin berguna bagi keluarga dan orang lain.

Rahul berpesan kepada para penyandang Disabilitas lainnya untuk tetap berusaha dalam memenuhi kehidupan, meski sering dikucilkan dalam masyarakat dan bahkan tak sedikit mereka mendapat cibiran.

Rahul yang sejak lahir tidak bisa berjalan hanya dibantu dengan tongkat yang selelu setia mendampingi dirinya jika hendak beraktifitas dengan katerbatasan ini, Rahul tidak serta merta mengharapkan belasan kasihan dari orang lain, tapi tetap berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya.

Adapun produk yang dibuat berasal dari limbah batok kelapa dan bambu yang disulap menjadi beraneka ragam kerajinan bernilai ekonomi. Mulai dari asbak, mangkok, dan lain sebagainya kemudian dijual dengan harga bervariasi.

Berkat keterampilan yang dimilikinya, saat ini Rahul mampu merancang batok kelapa menjadi kerajinan tangan yang lumayan bagus hasilnya dan dipasarkan melalui akun facebook miliknya.

Rahul anak ketiga dari empat bersaudara ini memulai membuat kerajian dari Batok kelapa dimulainya sejak tahun 2021 di masa-masa pandemic Covid 19.

Ia berharap dengan adanya kekurangan dirinya mampu memberikan kelebihannya bagi orang lain serta bermanfaat untuk amal Jariah di akhirat nanti.

Soh, bagi pembaca yang ingin memesan produk dari Rahul Paungan bisa langsung kea kun facebook @Rahulpengrajinbatokkelapa dengan nomor telfon/wa  di : 082290879604 atau datang langsung ke Desa Paleleh Kompleks Istana (red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button