Berita Desa

Ketahanan Pangan dan TPT Jadi Skala Prioritas, Pemdes Hulubalang Terus Berbenah

SUARAUTARA.COM, BUOL – Pemerintah Desa (Pemdes) Hulubalang pada Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2024 terus memacu pembangunan desa, baik fisik maupun non fisik sebagai skala prioritas pembangunan jangka pendek dan menengah.

Tak segan-segan Pemdes Hulubalang pun menggelontorkan anggaran ratusan juta rupiah untuk memastikan semua usulan masyarakat pada proses musyawarah RPKPdes hingga di tingkat Dusun.

Untuk tahun 2024, skala prioritas pembangunan desa yang dibiayai oleh APBDes akan ditetapkan dan dijadikan acuan pembangunan sesuai yang ditetapkan oleh Pemdes dan BPD.

Kades Hulubalang Arlan L. Amalu melalui Sekdes Haslan Abd Ali kepada media ini mengungkapkan, program yang nantinya menjadi prioritas sudah melalui musyawarah di tingkat desa dan semuanya di sepakati untuk kemudian dilaksanakan oleh Pemdes.

“ skala prioritas itu berdasarkan daftar usulan masyarakat di tingkat dusun,  disepakati Bersama BPD dan masyarakat dalam musyawarah, jadi program yang bakal didanai oleh APBDes sudah melalui persetjuan Bersama,” ungkap Haslan.

Haslan pun merinci beberapa skala prioritas yang akan dilaksanakan diantaranya, Bidang  Ketahanan Pangan, Jalan Rabat Beton/Kantong Produksi sepanjang 200 Meter dengan pagu anggaran 100juta, Pengadaan Perahu Nelayan dengan pagu anggara sebesar 83juta.

Sedangkan untuk bidang Penanggulangan Bencana, Haslan menambahkan bahwa Pemdes Hulubalang akan membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan sepanjang 53 Meter dengn Pagu anggara sebesar 100juta.

“ untuk TPT ini sangat urgen untuk desa kami, harus segera dibangun, sebab bencana rentan terjadi dimusim penghujan, desa kami setiap tahunnya mengalami bencana banjir dan tanah longsor mengakibatkan ancaman bagi pemukiman warga.” Jelasnya.

Pemdes Hulubalang berharap kedepan desanya akan terus membangun terkait fasilitas umum dan kebutuhan masyarakat, tentunya bukan hanya pembangunan fisik saja, akan tetapi program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat akan tetap dilaksanakan.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button