Politik

H-2 Jelang Pemilu, KPU Bolmong Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih

BOLMONG – Jelang H-2 pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengimbau serta mengajak masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari mendatang.

Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bolmong, Jalaluddin Kosasi, Senin (12/02/2024).

Ia mengatakan, bagi masyarakat yang telah berusia 17 tahun atau yang sudah memenuhi persyaratan sebagai pemilih dan sudah menerima dokumen C-Pemberitahuan untuk hadir menggunakan hak pilihnya.

“Pastikan setiap masyarakat wajib pilih untuk menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 nanti. Sebab satu suara yang digunakan, merupakan amanat yang dilindungi undang-undang,” ucapnya.

Ia juga menegaskan, agar tidak ada masyarakat yang memilih Golput (golongan putih) demi kesuksesan ajang politik lima tahunan tersebut.

Pun dirinya mengimbau, pada saat mendatangi TPS, pemilih diwajibkan membawah dokumen yang telah dibagikan oleh KPU melalui Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) beberapa waktu lalu.

“Bagi pemilik hak pilih yang akan mendatangi TPS, wajib menunjukkan surat pemberitahuan pemungutan suara atau model C-Pemberitahuan oleh KPU,” jelasnya.

“Sementara bagi wajib pilih yang tidak mendapatkan dokumen model C-Pemberitahuan, maka dapat membawah KTP elektronik agar bisa dilayani oleh petugas KPPS,” lanjutnya lagi.

Terkait kesiapan pelaksanaan pemungutan suara, Jalaludin mengungkapkan jika KPU telah siap seratus persen dan tinggal menunggu pelaksanaan di hari-H.

“Semua telah rampung, hari ini sudah dilakukan pendistribusian logistik ke masing-masing PPK di 15 Kecamatan,” ungkapnya.

Sementara terkait KPPS, ia juga menjelaskan bahwa pihaknya telah membekali semua personil penyelenggara dengan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) hingga simulasi tatacara pelaksanaan pungut hitung.

“Alhamdulillah kami selaku KPU telah menyelesaikan Bimtek maupun Simulasi kepada 5.362 personil KPPS yang tersebar di 766 TPS se Kabupaten Bolaang Mongondow untuk melakukan pungut hitung,” tukasnya.

Diketahui, KPU Bolmong sukses melakukan Simulasi Pungut Hitung Pemilu 2024 sekaligus tugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS), di Lapangan Olahraga Desa Mongokoinit, Kecamatan Lolak.

Suksesnya Simulasi Pungut Hitung Pemilu 2024 yang dilaksanakan KPU Bolmong tersebut, menjadi bukti kesiapan KPU Bolmong dalam penyelengaraan pungut hitung pada 14 Februari 2024.

(**/ucan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button