DaerahKab.BuolPemerintahanSultengTopik Utama

Bapenda Buol Ikuti Sosialisasi BMD

BUOl, SUARAUTARA.COM – Bapenda Buol Yang di Pimpin Sekretaris, Samsul, S.Sos bersama¬† Staf, Rudhy Dj., Sebagai perwakilan Bendahara barang Mengikuti Sosialisasi Pengelolaan barang milik daerah (BMD), Rabu (23/6) dengan mengangkat tema ” Tertib Aset Daerah”.

Dalam sosialisasi tersebut, kepala BPKAD menjadi narasumber serta Kepala Bagian Aset, menjelaskan tanggung jawab pengelolaan barang milik daerah disemua instansi di kabupaten buol.

Barang milik daerah adalah semua kekayaan daerah, baik yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah maupun yang berasal dari perolehan lain yang sah, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak beserta bagian-bagiannya ataupun yang merupakan satuan tertentu yang dapat dinilai, dihitung, diukur atau ditimbang termasuk hewan dan tumbuh-tumbuhan, kecuali uang dan surat-surat berharga lainnya.

Siklus pengelolaan aset/barang milik daerah merupakan rangkaian kegiatan dan atau tindakan yang meliputi perencanaan kebutuhan, penganggaran, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, penyaluran, penggunaan, penatausahaan, pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan, penilaian, penghapusan, pemindahtangan, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pembiayaan, tuntutan ganti rugi dan pelaporan. Proses penatausahaan dan pelaporan merupakan siklus terpenting setelah penerimaan barang, karena melingkupi semua siklus pengelolaan aset lainnya.

Alur distribusi barang aset daerah serta fungsi dan pemanfaatannya dapat mendorong peningkatan pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat. (Arp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button