DaerahKab.BuolPemerintahanSultengTopik Utama

Wabup Launching Inovasi Program Perubahan ” PKB Tri Angel Kolaborasi tiga Pilar”.

SUARAUTARA.COM, Buol – Wakil Bupati Buol H. Abdullah Batalipu, S.Sos. M.Si Menghadiri sekaligus melaunching Program Inovasi Proyek Perubahan Peserta Diklat Pim II, ” PKB Tri Angel “ yang merupakan Program kolaborasi tiga pilar diantaranya Dinas Perhubungan Satuan Polisi Lalulintas dan Bengkel Kendaraan Kab.Buol. Bertempat di Terminal lama Kelurahan Buol, Kamis, 02 September 2021, sekitarr Pukul 08.30 Wita.
Turut hadir dalam Acara tersebut yakni Sekda Buol  sebagai Mentor, Ka. Dinas Perhubungan (Reformer), Kasat Lantas Polres Buol, Kepala Samsat Buol, Kepala Asuransi Jiwasraya dan Pimpinan POS serta Para Sopir angkutan kota perdesaan dan Pihak bengkel Kendaraan.
Kadis Perhubungan, Yamin Rahim SH. MH selaku reformer diawal kegiatan menyampaikan laporanya yang menyebutkan bahwa Uregensi Pelaksanaan PKB TRI ANGEL adalah Salah satu tugas pokok dinas perhubungan di Kabupaten Buol adalah menciptakan keselamatan bagi pengguna kendaraan terutama kendaraan umum. Keselamatan disini dimaksudkan untuk menguji kelaikan sebuah kendaraan bisa beroperasi atau tidak. Kondisi saat ini di Kabupaten Buol untuk jumlah kendaraan angkutan umum perdesaan yang sudah tidak laik jalan di Kabupaten Buol berjumlah 175 (seratus tujuh puluh lima) unit dari 378 (tiga ratus tujuh puluh delapan) unit.
Ketiadaan sarana dan prasarana pengujian menjadi salah satu penyebab tidak dapat dilaksanakannya pengujian kendaraan bermotor yang ada di Kabupaten Buol terutama kendaraan angkutan umum. Pencegahan terhadap kecelakaan Lalu lintas merupakan tugas pokok Dinas Perhubungan. Sehingga perlu satu kebijakan atau deskresi terhadap pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor karena hal itu merupakan fungsi pemerintah.
Di Kabupaten Buol kendaraan yang tidak laik jalan khususnya angkutan umum sudah menghawatirkan jumlahnya, hal ini akan berakibat pada kecelakaan yang bukan saja merugikan pemilik kendaraan akan tetapi merugikan orang lain. Termasuk pula saat ini kendaraan-kendaraan pribadi banyak yang sudah tidak laik jalan.
Pada sisi lain aturan yang mendukung untuk hal itu belum ada terutama peraturan daerah tentang penyelenggaraan perhubungan dimana didalamnya terdapat pengaturan tentang daya dukung untuk terselenggaranya kegiatan pada dinas perhubungan. Jika peraturan daerah telah ada maka pemerintah daerah wajib hukumnya untuk melaksanakan peraturan daerah itu.
” Oleh Karena itu, perlu ada terobosan dan gagasan dalam rangka mengatasi kondisi yang seperti itu, ketiadaan sarana prasarana pengujian akan tetapi kendaraan umum dan pribadi yang tidak laik jalan dapat dioperasikan dengan melalui satu gagasan yang sifatnya deskresi guna penyelamatan dari kecelakaan, yang penulis memberi judul ‘ PKB TRI ANGEL”, merupakan kolaborasi, sinergitas antara Dinas Perhubungan, Polisi Lalulintas Polres Buol, dan Bengkel yang diharapkan dapat mengatasi problem yang telah saya paparkan tadi “. Jelas Yamin Rahim
Wakil Bupati Buol dalam sambutannya menyampaikan PKB Tri Angel merupakan kepanjangan dari Pengujian Kendaraan Bermotor dengan kolaborasi tiga pilar yaitu dinas perhubungan, satuan polisi lalulintas dan bengkel kendaraan.
Gagasan ini dilahirkan karena keberangkatan dari permintaan masyarakat akan pengujian kendaraan bermotor sementara sarana dan prasarana belum tersedia sehingga lahirlah gagasan ini untuk mengecek kelayakan kendaraan khususnya angkutan umum beroperasi.” ungkapnya”
” Baik tidak nya kendaraan beroperasi harus dilakukan pengujian atau pengecekan sehingga terhindar dari kecelakaan dan pengujian terhadap kendaraan harus dilakukan setiap enam bulan sekali.Dengan gagasan PKB TRI Angel ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Buol “. tuturnya
” Atas nama Bupati Buol memberikan Apresiasi dan selamat atas Program perubahan yang telah saudara buat, semoga hal ini tidak hanya putus sampai disini, namun pengembangan program ini harus dilanjutkan karena berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat “. tutup wakil Bupati
Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Buol dalam arahanya menyebutkan bahwa Proyek Perubahan yang ditampilkan oleh Kadis Perhubungan sangat bagus, diharapkan dapat menjadi ikon perubahan dalam melaksanakan tugas pemerintahan di daerah.
” Selaku Mentor saya sangat mengapresiasi inovasi PKB TRI ANGEL yang akan dilaksanakan, namun yang harus diperhatikan adalah proyek perubahan yang telah dibuat nantinya akan menjadi media, sesuatu yang dikemas dengan bagus hanya akan diliat orang dari luarnya saja tapi bagaimana nantinya secara substansi bisa berhasil dan berdampak bagi penyelenggaraan tugas. Satu hal yang penting integritas sodara sodara sebagai pengelola nantinya akan menentukan keberhasilan Proyek Perubahan. Selamat dan sukses buat Diklatnya dan Propernya” ujarnya.
[prokopim/uchan]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button