Budaya

Ormas LAKI : Windri Patilima Layak Diberi gelar Adat Oleh Amabom

SUARAUTARA.BMR – Windri Patilima atlit One Pride MMA asal Bolmong Raya yang telah meng-KO Iman Lesmana atlit asal Bandung (Jawa Barat) pada pertarungan perebutan sabuk juara kelas Welterweight One Pride MM berhasil mengharumkan nama daerah Bolaang Mongondow Raya di tingkat nasional.

Prestasi Windri Patilima ini menuai suport dan atensi dari para tokoh dan sejumlah aktivis. Salah satunya datang dari Ketua DPC Ormas LAKI Bolmong Indra Mamonto.

Menurut Indra, Windri Patilima sudah menjadi ikon dan aset besar daerah Bolmong Raya bahkan Provinsi Sulawesi Utara. Sehingga layak di beri penghargaan oleh Lima Pimpinan daerah di BMR. Bahkan aktivis Vokal ini menyebut sudah saatnya aliansi Adat Amabom ( Aliansi Adat Bolaang Mongondow Raya)  memberikan reward berupa Gelar Adat kepada Windri Patilima.

” Selaku warga BMR saya dan hampir seluruh warga masyarakat BMR tentunya bangga atas pencapaian yang sangat luar biasa terhadap prestasi yang di torehkan oleh Windri Patilima. Dan tentunya saya berharap Aliansi Adat Amabom di bawah pimpinan Tokoh BMR Jemmy Lantong wajib memberikan Gelar Adat Kepada Windri.

Windri Patilima itu anak daerah yang sudah berbuat yang terbaik untuk daerah kita apa salahnya jika gelar adat di berikan kepadanya, Dan saya yakin Aliansi Amabom pasti akan mempertimbangkan saran dan masukan saya ini, ” Terang Indra.

Menariknya Indra menyinggung soal pemberian gelar adat oleh Amabom¬† kepada Hadi Pandunata yang di nilai belum memberikan kontribusi kepada daerah BMR tetapi sudah di berikan gelar adat. Menurutnya pemberian gelar adat hanya bisa di berikan kepada seseorang yang telah memberikan kontribusi kepada daerah. Dan salah satunya adalah Windri Patilima, ” Tandas Aktifitas Vokal Ini.

Terpisah, Sekretaris Amabom DR. Muliadi A.R Mokodompit, SE, M.Si ketika di konfirmasi mengatakan bahwa Amabom merespon positif terhadap siapa saja yang di usulkan oleh tokoh dan masyarakat BMR untuk di beri gelar adat . Namun tentunya harus melalui prosedur dan mekanisme.

Amabom tidak serta Merta memberikan gelar adat tetapi prosedur nya harus di usulkan secara lisan ataupun tertulis baik oleh personal ataupun lembaga tempat bernaung.

Pemberian gelar adat kepada seseorang adalah ranahnya dewan adat, Amabom hanya lembaga eksekutif sebagai pelaksana harian. Terkait prestasi Windri Patilima atlit One Pride MMA yang baru saja memang atas lawannya pada pertandingan yang di gelar di Indoor Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Minggu (04/09/2022) dini hari kemarin, Menurutnya Windri Patilima sangat layak di beri gelar adat.

” Saya kira Windri Patilima layak dapat gelar adat, Karena selain sudah memberikan kontribusi di bidang olah raga di tengah keterpurukan prestasi Olahraga di BMR. Dalam setiap penampilannya Windri Patilima selalu mengenakan pakaian simbol adat BMR, Dan saya kira Windri Patilima pantas dan layak dapat reward di beri gelar adat, ” Ujar Muliadi Kepada Suarautara.com, Senin 5/9/2022.

Diketahui secara mengyakinkan Windri Patilima berhasil mengalahkan Iman Lesmana Atlet asal Bandung Jawa Barat yang sebelumnya jadi atlit unggulan pada pertandingan yang gelar di indoor Senayan Jakarta*

Editor : Asnan Kobandaha 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button