DaerahKab.BuolKesehatanPemerintahanSultengTopik Utama

Bupati : Maksimalkan Program Vaksinasi Demi Terciptanya Herd Imunity

SUARAUTARA.COM, BUOL – Bupati Buol dr. H. Amirudin Rauf, Sp.Og, M.Si., menijau pelaksanaan vaksinasi masyarakat dalam pemberlakuan PPKM Mikro dihari Ketiga, bertempat di Kelurahan Leok II, Kecamatan Biau, Senin (06/09/2021).

Pada kesempatan itu, Bupati didampingi Wabup, Abdullah Batalipu, Sekda Mohammad Suprizal Jusuf, unsur pimpinan OPD yang tergabung dalam Satgas Penanganan Covid 19 Buol.

Kunjungan Bupati bersama rombongan terssebut memastikan pelaksanaan Vaksinasi bagi seluruh masyarakat di kelurahan Leok II Kecamatan Biau yang tengah berjalan selama 2 hari itu dengan pembagian tugas tim pada setiap RW/RT.

Bupati dalam sambutannya menyebutkan bahwa yang harus dilakukan dalam PPKM Mikro ini adalah, memaksimalkan program Vaksinasi demi terciptanya Herd Imunity (Imunitas Masal)

” Kenapa hal ini menjadi penting dilakukan? Sebab, berdasarkan data, hampir semua kasus meninggal ditemukan bahwa pasien belum melaksanakan Vaksinasi ” , ungkapnya.

Herd immunity merupakan situasi di mana sebagian besar masyarakat terlindungi atau kebal terhadap penyakit tertentu. Hal ini menimbulkan dampak tidak langsung (indirect effect), yaitu turut terlindunginya kelompok masyarakat yang bukan merupakan sasaran imunisasi dari penyakit yang bersangkutan.

Jadi, apabila kelompok yang rentan seperti bayi dan balita akan terlindungi melalui imunisasi. Penularan penyakit di masyarakat pun akan terkendali sehingga kelompok usia yang lebih dewasa pun ikut terlindungi karena transmisi penyakit yang rendah. Kondisi tersebut hanya dapat tercapai dengan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata.Herd immunity inilah yang kemudian kerap dijadikan target sasaran vaksinasi untuk meningkatkan dan melindungi kesehatan dari penyakit tertentu. Melalui herd immunity ini pula, individu bukan hanya melindungi dirinya sendiri, tetapi juga turut terporteksinya kelompok masyarakat yang rentan dan bukan merupakan sasaran vaksinasi.

Vaksinasi merupakan bagian penting dari upaya membentuk kekebalan kelompok yang kita kenal dengan herd immunity. Vaksinasi juga bagian penting dalam rangka menurunkan kesakitan dan menurunkan angka kematian akibat COVID-19. Tidak kalah penting dari vaksinasi adalah melindungi dan memerkuat sistem kesehatan secara menyeluruh.

” Vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Tentu, apabila seseorang tidak mendapat vaksinasi maka ia tidak akan mendapat kekebalan spesifik terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi tersebut. Namun jika suatu saat seseorang tersebut keluar dari wilayah dengan cakupan tinggi tadi, ia akan memiliki risiko untuk tertular penyakit karena pada dasarnya ia belum memiliki kekebalan spesifik yang didapat dari imunisasi. Dalam hal pelaksanaan vaksinasi COVID-19, orang dewasa/lansia yang tidak mendapatkan vaksinasi COVID-19 lengkap sesuai jadwal serta mengabaikan protokol kesehatan maka akan menjadi rentan tertular dan jatuh sakit akibat COVID-19 “. tuturnya

Herd immunity juga dapat dicapai ketika cukup banyak orang yang telah divaksinasi terhadap suatu penyakit dan telah mengembangkan antibodi pelindung terhadap infeksi di masa depan. Berbeda dengan metode infeksi alami, vaksin menciptakan kekebalan tanpa menyebabkan penyakit atau komplikasi. Menggunakan konsep herd immunity, vaksin telah berhasil mengendalikan penyakit menular seperti cacar, polio, difteri, rubella dan banyak lainnya. Kekebalan kelompok memungkinkan untuk melindungi populasi dari penyakit, termasuk mereka yang tidak dapat divaksinasi, seperti bayi baru lahir atau mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati yang juga seorang Dokter itu, ikut ambil bagian dalam memberikan layanan penyuntikan Vaksin bagi masyarakat yang hadir sekaligus memberi bantuan dalam rangka PPKM mikro.

” Terima kasih kepada seluruh warga masyarakat leok II yang saat ini sadar akan pentingnya Vaksinasi Covid 19, saya berharap akan ditindaklanjuti ke tahapan Vaksinasi selanjutnya, sampai selesai “ ujar Bupati

” Seandainya semua warga masyarakat kita telah selrsai di vaksin, sungguh suatu hal yang sangat baik bagi kita untuk hidup bersama ditengah Pandemi Covid 19 dengan tetap mengutamakan Prokes. Mari kita berdoa bersama semoga Pandemi ini segera berakhir di negara kita terkhusus di Kabupaten Buol agar kita dapat kembali hidup normal seperti sedia kala “. Tutup Bupati

 

 

 

 

 

Sumber : Prokopim

Editor    : Ruslan Panigoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button