DaerahKab.BuolKesehatanPemerintahanSultengTopik Utama

Berikan Bantuan 105 Paket Sembako, Wabup Buol Kunjungi Penerapan PPKM Mikro di Desa Duomayo

SUARAUTARA.COM, BUOL – Wakil Bupati, Abdullah Batalipu, selaku Ketua Satgas penanganan Covid 19, bersama Kapolres, AKBP Dieno Hendro Widodo, S.IK, melakukan kunjungan lapangan di desa Duomayo, Kecamatan Bokat dalam pelaksanaan PPKM Mikro, Sabtu, (11/09/2021).

Kegiatan Tim Satgas ini turut dihadiri tim dari Dinas Sosial, Camat Bokat bersama Tim satgas Kecamatan dan Tim Satgas Desa Duomayo.

Kunjungan lapangan ini merupakan pelaksanaan awal penutupan wilayah yang dilakukan setelah sebelumnya sesuai arahan Bupati Buol melalui Satgas Kabupaten Buol mengeluarkan kebijakan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Pergerakan Masyarakat di Wilayah Kecamatan Bokat tepatnya di Desa Duamayo Hal ini disebabkan terdapatnya sejumlah warga terkonfirmasi Positif Covid 19 dengan jumlah banyak dan memasuki fase penyebaran transmisi lokal dan terhitung secara Epidemologi masuk Kategori Zona Merah.

Selanjutnya Wabup Buol selaku ketua satgas Kabupaten Buol menyampaikan bahwa Indikator penentuan zona ini sudah melalui kajian tehnis Tim 3T satgas penanganan covid kabupaten Buol.

Pelaksanaan Ini memberikan ruang yang lebih mudah untuk melacak dugaan kasus aktif di tingkat RT. Pelaksanaan PPKM Mikro ini nantinya akan dilaksanakan oleh anggota Posko Desa yang terdiri dari aparat desa, Satlinmas, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat, dan tokoh adat yang ada di lingkungan tersebut sehingga penanganannya lebih spesifik.

Untuk itu Pemkab telah berkoordinasi dengan Kementerian Desa dan Kementerian lainnya, agar dana desa termasuk pendapatan lainnya yang ada di APBDes boleh dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan desa, minimal 8% atau tergantung kebutuhan masing-masing.

“Proses pembentukan posko di desa atau kelurahan ini akan membutuhkan waktu. Tapi kita berusaha membentuk secepatnya. Nantinya apabila diperlukan menggunakan dana desa untuk memperkuat sektor pencegahan, bisa dihidupkan kerajinan masyarakat dalam pembuatan masker menggunakan dana desa. Sehingga tidak ada warga yang tidak pakai masker dengan alasan tidak punya Masker,” Ujar Wabup.

Kapolres menambahkan, bahwa pelaksanaan PPKM Mikro ini jangan hanya sebatas untuk mengugurkan kewajiban tapi harus benar benar diseriusi terutama penerapan Protokol Kesehatan, ” Masker yang utama, tingkat penyebaran tertinggi adalah karena tidak memakai masker. Silahkan tim satgas desa beraktivitas dan bekerja “. tegasnya.

Selanjutnya agenda kegiatan dilaksanakan diantaranya :

– pemasangan palang jalan di dua pintu masuk;

– penyerahan sembako ke 105 kk;

– pengarahan ketua satgas kabupaten, Kapolres dan ketua satgas kecamatan kepada satgas desa terkait pelaksanaan PPKM mikro level 4.

Selain itu Pemkab Buol atas arahan Bupati memberikan bantuan sembako melalui Dinas Sosial sebagai bentuk perhatian Pemkab yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati, Kapolres dan Camat.

” Atas nama Bupati Buol hari ini memberikan bantuan pada bapak ibu sekalian ang menjalani isman, ini sebabai bentuk perharian pemda dengan harapan bapak ibu dapat patuh menjalani PPKM ini selama 14 hari kedepan “. Tuturnya.

 

 

 

 

 

 

 

[Prokopim/editor : uchan]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button