Berita Desa

Akses Jalan Menuju Perkebunan Gunung Kali Mulus, Petani ; Terima kasih Pemda Buol

SUARAUTARA.COM, Buol – Meski sudah puluhan tahun lamanya penantian dan harapan para petani di perkebunan Gunung Kali untuk menikmati akses jalan yang mulus seperti di desa Lain, akhirnya terjawab sudah.

Sebut saja Pak Jima (38) tak lain petani asal dari  Kelurahan Kali, saat ditemui Jum’at (29/12/ 2023) mengatakan, bahwa kondisi jalan menuju perkebunan Kali saat ini sudah di aspal dengan mulus oleh pemerintah daerah guna untuk kelancaran akses aktivitas pertanian di wilayah itu.

Jima bersama para petani lainnya kini semakin bersemangat untuk Kembali bertani karena, selain kondisi jalan mulus dan bisa menggunakan kendaraan roda dua langsung ke kebun, akses jalan ini juga mampu memperlancar penganggkutan hasil produksi para petani di Perkebunan gunung kali itu hingga ke pasaran.

Senada, Andi (46) juga berterimah kasih kepada Pemda Daerah khusus Dinas PUPR, Ia mengatakan kondisi jalan menuju Gunung Kali ini sangat memprihatinkan selama kurang lebih puluhan tahun yang mengakibatkan para petani malas untuk menggarap lahannya. Namun, setelah akses jalan ini sudah di aspal, Pak Andi dan para petani lainnya makin bersemangat untuk Kembali Bertani dan menggarap kebun yang sudah lama tak tergarap itu.

“ saat ini lahan  Perkebunan saya sudah dibersihkan dan telah menyiapkan bibit untuk tanaman Hortikultura seperti sayur Bayam, Cabai, Terong dan Kacang Panjang,” ungkap Andi.

Andi pun kemudian mengatakan pendapatnya bahwa akses jalan yang baik akan meningkatkan mutu dan hasil produksi pertanian yang baik pula, dulu hasil sebelum jalan ini di aspal, hasil produksi tani kita harus diangkut menggunakan kendaraan dengan biaya pengangkutan yang sangat mahal, taoi saat ini dengan menggunakan motor dan Viar, hasil produksi bisa secepatnya dibawah ke pasaran,” pungkasnya.

Diketahui, akses jalan menuju Perkebunan Kali saat ini sangat mulus dan muda di akses oleh semua jenis kendaraan.

Pemda Buol melalui dinas Teknis yakni Dinas PUPR Tengah menggelontorkan dana APBD Tahun 2023 untuk pemeliharaan jalan menuju Perkebunan Gunung Kali tersebut.

(Syaiful Akhmad/ Nitizen Jurnalism)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button