DaerahKab.BuolKesehatanPemerintahanSultengTopik Utama

24 Kelompk Ternak Menerima Bantuan 199 Ekor Sapi dari Pemkab Buol

SUARAUTARA.COM, Buol – Sekira 22 Kelompok Ternak  di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, menerima bantuan 199 ekor ternak sapi dari Pemkab, melalui dana APBD Tahun 2021. bertempat di Kandang Penampungan Sapi Kelurahan Leok II, Selasa (07/09/2021).

Penyerahan bantuan tersebut diserhkan langsung Bupati, Amirudin Rauf dan turut dihadiri, Kapolres Buol, AKBP.Dieno Hendro Widodo,S,I,K., Direktur Bank Sulteng Cab. Buol, Wakil Ketua DPRD Buol, Kepala Bappeda, Kepala Bidang Peternakan, Camat-Camat, Kades-kades, dan ketua-ketua kelompok tani ternak penerima bantuan.

Menurut Bupati Amirudin, bahwa pembagian bantuan ini dilakukan secara terbuka demi mewujudkan transparansi informasi kepada publik terkait program one man one cow.

“Bantuan sapi ini berjumlah 199 ekor. Terdiri dari 179 betina, dan 20 ekor jantan” ucap Bupati.

Bantuan ini dibagikan 24 kelompok tani, yang ada di dua puluh tiga Desa dan Delapan Kecamatan.

“Progres populasi sapi kita Tahun 2018 hanya berada di angka 18 ribu, setelah program ini, Tahun 2020 total populasi sapi kita berjumlah 35.517 ekor” lanjutnya.

Karena menurut Bupati, prospek usaha setelah ayam, peternakan yang paling bagus adalah peternakan sapi.

“kita akan beri Merk Sapi OM1C. Saya harap dapat di kandangkan dan jangan di jual. Setelah beranak di serahkan pada tetangga, kerabat, asal ada pola bergilir” ujarnya.

Kepala Bidang Peternakan menjelaskan bantuan ini akan melewati masa karantina untuk menjamin kesehatan sapi, di syaratkan untuk memelihara sapi di kandang penampungan.

Distribusi bantuan ini sendirinya rencananya akan dibagi dua untuk tahap pertama 99 ekor, yang di berikan kepada 11 kelompok, tahap kedua 100 ekor untuk 13 kelompok.

Ada beberapa kriteria yang menjadi rujukan pemda dalam memberikan bantuan: pertama memiliki kandang, kedua patuhi aturan Perda, dan penerima wajib mengasuransikan Ternak.

Kegiatan ini di lakuksanakan dengan tetap mematuhi prokes dan ditutup dengan Penyerahan simbolis ternak sapi oleh Bupati Buol kepada 11 Kelompok Tani Penerima Bantuan Tahap Pertama. [chan]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button