AdvertorialDaerahKab.BuolPemerintahanPolitikSultengTopik Utama

Sekda Berharap Camat Jadi Ujung Tombak Suksesnya Pilkades Serentak

Buol, SUARAUTARA.COM Sekda Buol Drs. H. Mohammad Suprizal Jusuf, MM, menghadiri sekaligus membuka kegiatan sosialisasi tahapan Pilkades di Kecamatan Paleleh dan Gadung, bertempat di Aula kecamatan, Selasa, 13 Juli 2021.

Dalam kesempatan itu, Sekda Buol memberikan arahnya didepan para camat, kepala desa, BPD dan panitia Pilkades mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian tahapan sebelum pelaksanaan kegiatan Pilkades Serentak Tahun 2021 yang direncanakan pada bulan september mendatang.

Kegiatan yang dilaksanakan di 10 kecamatan dengan membentuk 2 Tim sosialisasi dengan melibatkan unsur DPRD, Polres, Kejari, Pabung, DP3APMD, Inspektorat, Pol PP, Bakesbangpol, dan Bagian Hukum. Sekda dalam sambutannya mengatakan, bahwa beberapa produk hukum yang akan menjadi pegangan ke dasar hukum kita semua dalam pelaksanaan pilkades nanti. Yaitu Perda nomor 1 tahun 2001 dan turunannya yaitu Peraturan Bupati Nomor 7 Tahun 2021.

Bagaimana tentang pelaksanaan tahapan Pilkades ini. Tahapan pertama yaitu pembentukan seluruh panitia di Desa kemudian tahapan berikut sosialisasi nanti tahapan berikutnya ada lagi yang nanti akan sebentar disampaikan oleh para pemateri yang ada. Belajar dari pengalaman terhadap pelaksanaan pilkades yang dilaksanakan di tahun 2019 ,Banyak permasalahan yang terjadi pada saat pencalonan saja itu sudah Banyak permasalahan terkait dengan calon.

Ketika pelaksanaan tidak terlalu menemukan hal-hal yang sangat urgent, namun pada pasca pemilihan ini yang menimbulkan banyak hal kontra produktif di lapangan.

” Terkait dengan adanya persepsi terhadap pasal-pasal yang ada dalam Perda maupun Perbup. Itu segera dikonsultasikan dengan panitia atau dalam hal ini adalah Camat. camat adalah penanggung jawab pelaksanaan pilkades di tingkat kecamatan. semua ada di Camat. Kabupaten membawahi seluruh kawasan di seluruh kecamatan. Sehingga Kami sangat mengharapkan camat bisa memfasilitasi, mengakomodir, meminimalisir seluruh permasalahan-permasalahan yang ada di desa yang melaksanakan Pilkades “ tutur Sekda Buol “

lebih lanjut Ia menambahkan, saat ini Pemkab Buol melalui panitia kebupaten tengah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkades di 42 Desa yang ada di 10 kecamatan se-Kabupaten Buol.

” Saya yakin dan percaya bahwa Camat mampu, untuk membawa kita pada pelaksanaan pilkades 2021 ini akan berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Insya Allah tanpa permasalahan yang dapat menimbulkan konflik antara kita “ tutupnya

 

 

 

[ucan]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button