Berita DesaDaerahKab.BuolSultengTopik Utama

Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir di Kecamatan Bukal Buol

Buol,suarautara.com – Akibat intensitas hujan yang mengguyur sebagian wilayah di kabupaten Buol Sulawesi Tengah, mengakibatkan beberapa kecamatan dan desa ikut tergenang air hujan hingga mengakibatkan banjir yang menggenan ratusan rumah warga seperti terjadi di kecamatan Bukal.

Dari pantauan awak media, sedikitnya ada 5 desa di kecamatan Bukal di terjang banjir.

Hujan intensitas sedang menguyur sebagian wilayah kabupten Buol dalam sepekan terakir menyebabkan sungai saluran sungai desa Mulat kecamatan Bukal yang menghubungkan antar desa tidak mampu menampung debit air hujan

Kondisi ini mengakibatkan ratusan rumah dan fasilitas umum baik fasilitas perintahan,pendidikan dan rumah ibadah terendam air.

Tidak hanya itu ratusan hektar sawah dan perkebunan warga turut tergenang air.

Banjir terparah desa Mulat ketinggian air mencapai satu meter tiga puluh , banjir juga memutuskan akses trasportasi yang menghubungkan separuh kecamatan Bukal menuju desa Unone,desa Potangoan.desa Mopu,desa Mulat, desa Modo,desa Moyong ,desa Rantemaranu dan desa Winangun serta desa Bukal.

Laporan sementara data Kepala desa Moyong Sunarman, saat di konfirmasi Jumat, (18/6) mengatakan didesa Moyong di laporkan sekitar 300 hektar sawah terendam air. perkebunan jagung hampir seluruh rumah warga terendam air ketinggian 40-100 cm.

Begitu juga waktu yang sama di desa Mulat berdasarkan laporan Sekertaris Abdul Kadir (56) desa seluruh rumah warga terendam air ketinggian sampai 140 cm .

hingga kini berita di terbitkan belum ada konfirmasi terkait korban jiwa. juga belum ada laporan penanganan banjir dari otoritas setempat.

(arp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button