Kab.BuolPendidikanSultengTopik Utama

Jadikan Siswa Mandiri, SMKN 1 Tiloan Siapkan Satu Siswa Satu Sapi “One Student One Cow” 

SUARAUTARA.COM, Buol-Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tiloan kecamatan Tiloan Kabupaten Buol sulawesi Tengah bertekad menjadikan siswa mandiri dan berkualitas yang siap kerja.

Sekokah kejuruan Agrobisnis Peternakan dan Pertanian ini sudah merencanakan mulai tahun 2022 mendatang akan menyiapkan satu siswa satu sapi (One Student One Cow) yang nantinya akan di serahkan kesiswa setelah  menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun di sekolah dan dinyatakan lulus. “program ini yang sementara saya siapkan untuk siswa selama 3 tahun kedepan.”ungkap Kepala Sekolah (Kepsek) Murapto Pada awak media Sabtu (11/12).

Dia menjelaskan program peternakan sapi yang sementara dilaksanakan di sekolah itu akan menjadi fokus seluruh guru untuk digenjot pengembangannya, dan siswa itu sendiri akan dilibatkan langsung dalam perawatanya. Pentingnya Hal ini tidak lain untuk memotivasi siswa selama mengikuti proses pendidikan di sekolah, saat ini ketersediaan ternak sapi berkisar 10 ekor dan  masih minim perlu adanya penambahan karena jumlah siswa kurang lebih 180 orang yang harus disiapkan. Meski demikian fasilitas pendukung berupa mesin pakan yang ada disekolah belum tersedia perlu mendapat perhatian pemerinta provinsi dalam hal ini dinas pendidikan provinsi untuk membantu pengembangan tenak sapi dan pertanian di sekolah itu.

selain kandang sapi, fasilitas yang ada di sekolah kami belum lengkap perlu dukungan pemerinta. ‘ujar Murapto.

Untuk mendukung pengembangan sapi dari sekolah untuk siswa ini pemerinta desa setempat agar kiranya dapat membantu menyiapkan lahan pakan seluas 5 hektar untuk kebutuhan makan ternak sapi di kandang.

Para guru maupun komite sekolah berkeinginan agar seluruh siswa setelah lulus dari sekolah selain bawah  izasa dan bawah sapi untuk dipelihara di rumahnya masing-masing. “kami minta dukungan seluruh masyarakat utamanya orang tua siswa untuk mendukung one student one cow di sekolah agar sukses terlaksana. “demikian Murapto

 

 

 

 

 

(Can).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button