Kab.Buol

Dukung Sektor Pertanian, Pemdes Winangun Bangun Jalan Usaha Tani 3500 Meter

BUOL I SUARAUTARA.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Winangun, Kecamatan Bukal, Kabupaten Buol mengalokasikan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023 untuk pembukaan jalan usaha tani.

Kepala Desa Winangun, Jamil Mahmud, kepada media ini saat berkunjung di desa Winangun Sabtu, (21/1/2023) beberapara waktu lalu mengatakan, pembukaan jalan kantong produksi atau sering disebut jalan usaha tani ini dilaksanakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengusahai lahan pertaniannya, sehingga diharapkan hasil produksi pertanian dapat meningkat.

Jamil Mahmud menguraikan, pembukaan jalan usaha tani itu sepanjang 3,5 Km dengan lebar 5 meter dengan anggaran kurang lebih dari Rp 300 jutaan.

” Jalan usaha tani untuk mempelancar mobilitas sektor pertanian para petani. Untuk itu petani harus diberikan kemudahan agar aktifitas mereka selama bertani menjadi lancar,” ujarnya.

Sementara itu, para petani mengapresiasi atas pembukaan jalan usaha tani yang dilakukan Pemdes Winangun itu.

“Dengan dibenahinya jalan usaha tani ini, motor atau kendaraan roda empat lainnya akan bisa langsung masuk saat musim panen tiba, sehingga bisa menghemat baik waktu, tenaga maupun biaya,” kata salah satu petani Plasma yang meminta namanya tak dipublis.

Pembangunan jalan kantong produksi tersebut, menurut pengakuan kades Winangun Jamil Mahmud, merupakan usulan prioritas masyarakat yang telah ditetapkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2023.

“ untuk tahun inim khusus fisik tidak hanya jalan kantong produksi, ada juga pembangunan fisik gedung SKBM yang nantinya digunakan oleh masyarakat dan kegiatan-kegiatan desa lainnya,” pungkasnya. (ucan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button