Budaya

Workshop Kesiapsiagaan Kabupaten/ Kota dalam Penanggulangan Kejadian Kedaruratan Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Buol Tahun 2023

Oleh : dr. H. Arianto S. Panambang, M.AP

Pada hari senin tanggal 15 Mei 2023 jam 09.00 wita bertempat di Hotel Sri Utami Kelurahan Kulango, Kabupaten Buol telah berlangsung kegiatan Workshop Kesiapsiagaan Kabupaten Kota dalam Penanggulangan Kejadian Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) di Kabupaten Buol Tahun 2023.

Laporan Panitia Pelaksana di bacakan oleh Bapak Ahsan, S.Kep.Ns.,M.Kes selaku Sub Koordinator Surveilens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah.

Beliau menyampaikan Dasar Hukum pelaksanaan kegiatan ini adalah UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dengan tujuan agar kabupaten kota mampu melaksanakan pencegahan dan pengendalian penyakit KKM, tersedianya dokumen rencana kontigensi sebagai pedoman dalam melakukan aksi penanggulangan KKM di wilayah dan tersedianya instrumen kesiapsiagaan, deteksi dini dan respon cepat dalam hal menghadapi kemungkinan terjadinya KKM masuk ke wilayah Buol.

Peserta kegiatan ini terdiri dari 28 orang yang berasal dari lintas sektor dan program terkait dari unsur Bappeda, Kominfo, Peternakan, Dinkes PP & KB beserta Kabid, Direktur RS, Perhubungan, BPBD, Satpol PP, PMI, Polres Buol Polsek Biau dan Polsek Momunu , Staf KKP Palu Korwil Buol, Camat dan Kepala UPTD Puskesmas Biau, Bokat dan Momunu, serta Staf Surveilens dan Imunisasi Dinkes PP & KB Kabupaten Buol.

Materi pada workshop kali ini terdiri dari (1) Kesiapsiagaan KKP Korwil Buol di Pintu Masuk dalam Penanggulangan Kejadian KKM, (2) Kesiapsiagaan BPBD Buol dalam Penanggulangan KKM, (3) Kebijakan Kekarantinaan Kesehatan & Kesiapsiagaan menghadapi Penyakit Infeksi Berpotensi KKM / Wabah dan (4) Panduan Penyusunan Dokumen Kebijakan Penanggulangan KKM dan Uji Rencana Kontigensi.

Acara yang merupakan kegiatan Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah ini di buka langsung oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah, dr. Jumriani mewakili Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya Beliau menyampaikan sebagai bagian dari masyarakat dunia, Indonesia berkomitmen melakukan upaya untuk mencegah terjadinya Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) yang sangat meresahkan, sebagaimana amanat regulasi internasional di bidang kesehatan, Indonesia wajib menghormati hak asasi manusia, dasar dasar kebebasan seseorang dan penerapannya secara universal.

Sebagaimana diketahui, saat ini masih terjadi KKM Covid-19. Menurut laporan WHO total Infeksi Covid-19 di seluruh dunia sampai pada 10 Mei 2023 telah mencapai 765.903.278 kasus dan 6.927.378 kasus diantaranya meninggal. Di provinsi Sulawesi Tengah per 14 Mei 2023 kasus Covid-19 mencapai 63.434 kasus, di Kabupaten Buol 3.490 kasus positif Covid-19 dengan 65 Kasus dinyatakan meninggal dunia. Untuk menanganinya di butuhkan adanya kerjasama, kolaborasi dan sinergitas lintas sektor terkait.

Kendala yang sering dijumpai dalam upaya penanggulangan KKM adalah kurangnya kesiapan SDM dan komitmen kerjasama lintas program dan sektor terkait dan untuk kelancaran tersebut dilaksanakanlah workshop ini. Diakhir sambutannya Beliau berharap agar Workshop ini bisa memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi peserta untuk kebaikan dan kemashlahatan masyarakat di Kabupaten Buol.

Kegiatan yang berlangsung seharian ini di pandu oleh Narasumber Pusat dari SURKARKES Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Panitia dari Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah, dr. Mohammad Ikbal. Dinamika Kelompom ikuti secara antusias oleh seluruh peserta dan hingga seluruh rangkaian kegiatan berakhir. Acara di tutup secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan PP & KB Kabupaten Buol dengan sebait Pantun Penutup :

Sepasang Merpati memadu Kasih,
Berikan berlian untuk Kekasih,
Burung irian burung cendrawasih,
Cukup sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button