Opini

Dana CSR PT HIP itu untuk siapa?

Catatan Januari di Awal Tahun 2023

Oleh : Agung Trianto

KABUPATEN BUOL I SUARAUTARA Kabupaten Buol, memiliki perusahaan kelapa sawit (PT.HiP) yang cukup luas (keuntungan ekonomi) besar, penyerapan tenaga kerja yang cukup besar, Tapi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan yang tidak berdampak atas kehadiran perusahaan yang menjadi problem.

FOTO : Ilustrasi

Contohnya Dana CSR yang harusnya di peruntukan untuk peningkatan ekonomi, infrastuktur pada sekitar perusahaan PT. HIP yang tidak di Rasakan masyarakat sekitar juga tidak adanya Keterbukaan soal dana CSR Pada Rakyat.

.

Tujuannya CSR untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta lingkungan yang bermanfaat, baik bagi komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Biasanya, anggaran dana CSR yang digunakan adalah sekitar 2-3 persen dari total keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam setahun.

Dari total pendapatan perusahaan kelapa sawit (PT.HIP) harusnya mampu memberikan kontribusi terhadap rakyat dan infrastruktur sekitar Dangan pengelola dana CSR yang di peruntukan itu.

Sejak berdirinya PT.HIP di kabupaten Buol, tidak dampak terhadap pertumbuhan dan peningkatan infrastruktur dalam daerah. Dalam penyerapan tenaga kerja pun tidak memberikan keuntungan pengikatan ekonomi karyawan (Karyawan Hanya jadi alat produksi untuk keuntungan perusahaan).

Pemerintah daerah pun terlihat lemah di hadapan Perusahaan PT Hip, Jika pun pemerintah di dengarkan oleh pihak perusahaan, harusnya pendapatan perusahaan berimbang dgn pertumbuhan ekonomi masyarakat..

Pemerintah harus tegas mempertanyakan CSR perusahaan-perusahaan yang ada di daerah.. anggaran CSR di atur dalam UU, apa yang di khawatirkan lagi.

Masyarakat setempat, organisasi dll harus mengkonsolidasi diri. Mempertanyakan dari CSR perusahaan..
Jangan biarkan perusahaan mengambil keuntungan, kerusakan lingkungan, kerusakan jalan di atas tanah leluhur kita.

 

(Penulis adalah ketua LMND Kabupaten Buol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button