Hukum & Kriminal

Bukti Komitmen Koperasi Sulteng-Buol Dukung Perkembangan UMKM

BUOL- Meningkatkan daya saing dan mengembangkan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi fokus utama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sulawesi Tengah dan Dinas Koperasi UMK Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Buol. Keduanya menggandeng tangan dalam menggelar Workshop Peningkatan Akses Pembiayaan Melalui Program Sertifikat Hak Atas Tanah di Aula Hotel Surya Wisata, Rabu (20/03/2024).

Dalam Sambutanya, Mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provonsi Sulteng, Kabid UK Irwan  mengatakan  bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program nasional yang dikoordinir oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koperasi UKM, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Program ini tertuang dalam MoU yang ditandatangani pada 27 November 2017 dan ditindaklanjuti hingga ke daerah.

“Esensi dari workshop ini adalah memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM terkait pemanfaatan program sertifikat tanah sebagai sarana pengembangan usaha,” terang Irwan.

Minimnya akses permodalan kerap menjadi kendala yang dihadapi UMKM dalam mengembangkan usahanya. Melalui program sertifikat hak atas tanah, pelaku UMKM dapat memanfaatkan aset tanah sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan atau perbankan.

“Harapan pemerintah, program ini dapat bersinergi dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang memberikan subsidi bunga 6 persen, sehingga mempermudah dan meringankan pelaku usaha dalam mengakses pembiayaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMK Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Buol, Dra. Ikhlasiani, M.Ap menyambut baik terselenggaranya workshop ini. Ia berharap ilmu yang didapat dapat menjadi bekal bagi pengembangan UMKM di Kabupaten Buol.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Buol, saya sampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi Tengah atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga ke depan, Kabupaten Buol senantiasa mendapatkan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Ikhlasiani.

(Uchan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button